Advertisement

Asparagus Wholesale

www.alibaba.com/asparagus
from 1M+ China Manufacturers.
Contact Directly & Get a Live QuoteA

Minggu, 27 Juni 2010

Peningkatan Produksi Pangan

Besar Kecil Normal
Peningkatan Produksi Pangan Ditentukan Lembaga Penelitian

Sabtu, 26 April 2008 | 14:14 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan peningkatan produksi pangan harus didukung oleh penguatan lembaga penelitian. Departemen Pertanian juga diminta meningkatkan kapasitas dan kemampuan lembaga penelitian pertanian.

"Peningkatan produksi harus kuat dulu lembaga penelitian, saya tidak ingin lembaga penelitian pangan jadi museum," kata Kalla saat meninjau percontohan penanaman jagung hibrida jenis Lamuru dan Sukmaraga di Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/4).

Lembaga penelitian, kata Kalla, jangan selalu bangga pada masa lalu. Lembaga ini harus berperan ke depan mengembangkan produksi di tengah peluang kebutuhan internasional yang terus meningkat dan harga yang tinggi.

"Lembaga penelitian harus tingkatkan kualitasnya. Kita tidak akan kelaparan jika lembaga ini berkembang," kata Kalla. Pemerintah daerah dan universitas juga diminta mendukung upaya ini.

Kalla menyempatkan diri meninjau cara mengawinkan dua bibit unggul jagung, yaitu Lamuru dan Sukmaraga. Dia pun memutari areal lembaga peneliian dan melihat petak penanaman padi hibrida. "Ini juga, areal persawahan di luar Jawa ini tak seperti di Jawa, di sini tidak tertata," kata Kalla.

Sampai hal kecil pun Kalla memperhatikan, seperti beberapa ruang penelitian yang kotor. "Bagaimana mau meneliti, lihat debunya," kata Kalla sambil menunjukkan jarinya yang ditempeli debu setelah memegang salah satu meja di ruangan yang kotor.

Copyright © 2010 TEMPOinteraktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar